Iswahyudi

Berpacu menjadi yang terbaik

Mengakses Content Bermanfaat Untuk Anak

diposting oleh wahyu-fst11 pada 12 January 2016
di Gaya Hidup - 0 komentar


Sekarang mengakses internet sudah bukan merupakan kegiatan orang dewasa saja. Banyak anak-anak yang juga sudah mengakses internet secara rutin, entah itu menggunakan laptop atau gadget mereka. Sayangnya, tidak semua hal yang ada di dunia maya baik untuk anak-anak. Karena itu, para orang tua harus mengontrol dengan ketat apa saja yang diakses oleh anak mereka. Sebenarnya ada cukup banyak website yang menyediakan content yang bermanfaat untuk anak-anak. Ada yang menyediakan cerita anak, kartun pendidikan, musik, dan masih banyak lagi. Dengan bantuan website-website tersebut, anak-anak dapat mempelajari berbagai hal sembari mengakses internet. Dan tentunya, semua content tersebut tersedia secara gratis dan bisa diakses oleh siapa saja.

Mengontrol apa saja yang diakses oleh anak-anak saat mereka sedang menggunakan gadget mereka bukanlah hal yang mudah. Selain harus mencegah anak-anak mengakses informasi yang tidak sesuai dengan umur mereka, para orang tua juga harus dapat mengarahkan anak mereka untuk mengakses content yang bermanfaat. Memang ada banyak website yang menyediakan cerita anak, cerita rakyat, dongeng, dan ilmu pengetahuan. Tapi, website-website tersebut biasanya justru kurang diminati oleh anak-anak. Mereka lebih suka mengunjungi website-website yang menyediakan games atau hal-hal lainnya yang sifatnya murni hiburan saja. Sebenarnya hal ini dapat dimaklumi. Sebagian besar anak-anak sudah lelah belajar saat di sekolah, dan saat di rumah mereka hanya ingin bersantai.

Satu dari sekian banyak website yang menyediakan content bermanfaat untuk anak-anak adalah ceritaanak.org. Sesuai dengan nama domainnya, website tersebut menyediakan cerita anak. Isi website tersebut cukup banyak. Ada dongeng, cerita rakyat, dan juga cerita-cerita yang merupakan karya para pengunjung. Website ceritaanak.org juga menyediakan banyak dongeng anak berbahasa Inggris. Jadi, anak-anak dapat membaca cerita yang menarik sekaligus belajar bahasa Inggris. Kebosanan adalah salah satu masalah umum yang dihadapi anak-anak saat sedang membaca. Untungnya, cerita-cerita yang tersedia di website tersebut dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik. Jadi, anak-anak tidak akan merasa bosan saat membaca cerita-cerita yang ada. Apalagi, setiap minggu beberapa cerita baru ditambahkan ke koleksi website tersebut.

Satu hal yang membuat ceritaanak.org berbeda dari website serupa lainnya adalah isi dari website tersebut. Sekitar 75% isi dari website tersebut merupakan kiriman para pengunjung. Selain membaca cerita-cerita yang ada, anak-anak juga dapat mengirimkan cerita karya mereka sendiri. Ini tentunya mengasah kemampuan anak-anak dalam berkarya. Dan jika cerita karya mereka ternyata terpilih dan dimuat di ceritaanak.org, anak-anak akan merasa bangga dan puas. Tidak hanya anak-anak yang boleh mengirimkan cerita ke website tersebut. Para orang tua, atau siapapun yang tertarik untuk menulis cerita anak juga boleh mengirimkan karya mereka kesana.

Banyak orang tua yang sudah mengunduh berbagai aplikasi berisi cerita anak ke tablet atau gadget anak mereka. Cerita anak yang sudah berbentuk aplikasi Android memang jauh lebih menarik dibandingkan cerita anak konvensional karena dilengkapi dengan animasi yang interaktif dan suara yang menarik. Tapi sebenarnya, untuk mengasah imajinasi anak-anak, cerita anak konvensional yang berisi tulisan dan gambar jauh lebih baik. Saat membaca cerita konvensional, anak-anak akan terpacu untuk mengembangkan imajinasi mereka, dengan membayangkan jalan cerita yang sedang mereka baca, dan karakter-karakter yang ada di dalamnya. Akan lebih baik lagi jika saat membaca cerita mereka bersama orang tua mereka, karena akan menambah kedekatan hubungan orang tua anak.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :