Iswahyudi

Berpacu menjadi yang terbaik

Panduan Belajar Excel untuk Anda yang Pemula

diposting oleh wahyu-fst11 pada 08 November 2015
di Umum - 0 komentar


Saat sekolah Anda mungkin malas belajar Excel bukan? Ya berbeda dengan Word program yang satu ini sangat rumit dan menyusahkan bagi pelajar, kenapa susah?  Excel sejatinya tidak terlalu susah, namun terlalu banyaknya rumus, fitur, dan beberapa komponen lain yang rumit membuat program ini dijauhi oleh pelajar. Nah di sini kita akan menyingkirkan itu semua. Kenapa? karena di sini Anda akan belajar Excel dengan mudah dan gampang, jadi Anda tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan rumus-rumus yang banyak dan pusing.


Dasar – Dasar Excel 

Belajar Microsoft Excel itu sebenarnya tidak terlalu susah dan sebenarnya gampang. Cobalah untuk memulai belajar Excel ini dari materi yang paling awal. Nah materi tersebut adalah:


1.    Cara membuka Microsoft Excel 2003
a.    Mulailah dengan meng-klik Start
b.    Lalu dilanjutkan dengan meng-klik All Program
c.    Lanjut dengan meng-klik Microsoft Office
d.    Setelah itu klik Microsoft Excel
e.    Setelah itu tampilan microsoft Excel tersebut akan muncul dilayar komputer Anda


2.    Membedakan antara Row, Coloum, dan Cell
Ketiganya adalah komponen penting dalam program ini, jadi yang membedakan program ini dengan program lain seperti Word, Power Ponit atau yang lainnya adalah ketiga hal ini. adapun perbedaan dari rumus excel adalah:


a.    Row  adalah baris dalam Microsoft Excel  yang berpatokan pada angka-angka di sebelah kiri layar Anda, jadi urutan baris ini dimulai dari angka 1, 2, 3, dan seterusnya.
b.    Coloum adalah kolom dalam Microsoft Excel yang berpatokan pada huruf-huruf yang berada pada bagian atas, jadi jika Anda menghitung kolom maka Anda akan memulainya dari kolom A, B, C, dan seterusnya.
c.    Cell adalah penggabungan dari Row dan Coloum, jadi jika Anda melihat kotak-kotak dalam Excel maka itulah yang disebut Cell. Karena penggabungan dari Row dan Coloum maka urutannya dimulai dari A1, A2, A3, dan seterusnya.
3.    Formula Bar adalah kolom khusus yang berfungsi sebagai tempat kita memasukan rumus. Anda bisa memasukan penambahan, pengurangan, pengalian, atau pembagian.

Membuat Penghitungan di Excel

Keistimewaan Excel adalah mampu mengolah angka dengan baik, jadi Anda bisa dengan mudah melakukan penghitungan angka pada program ini. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan rumus sederhana sebagai berikut:
1.    Menghitung penjumlahan
a.    Pertama klik sel A3 dan isi dengan angka yang Anda inginkan
b.    Kemudian pindahlah ke B3 dan isi dengan angka yang Anda inginkan
c.    Lalu Anda klik juga C3
d.    Nah setelah Anda meng-klik sel C3 lalu pada Formula Bar isi dengan format berikut.
=A3+B3
e.    Setelah itu tekan enter dan hasil dari penjumlahan tersebut akan keluar.


Catatan: Anda bisa melakukan cara mudah ini pada pengalian, penjumlahan, pengurangan dan yang lainnya pada Excel, tapi dengan catatan rumus-rumus yang digunakan haruslah yang sederhana. Jika Anda ingin melakukan pengurangan maka tanda (+) harus Anda ganti dengan tanda (-), jika Anda ingin pengalian maka tanda (+) harus Anda ganti dengan tanda (*), tapi jika Anda ingin pembagian maka gunakanlah rumus AVERAGE.


2.    Menghitung rata-rata atau Average


a.    Klik sel A3 dan isi dengan angka yang Anda inginkan
b.    Lalu pada sel A4 isi dengan angka yang Anda inginkan
c.    Lalu pada sel A5 isi dengan Angka yang Anda inginkan juga
d.    Kemudian Anda klik pada sel A6
e.    Setelah itu pada Formula Bar Anda isi dengan format berikut
=AVERAGE(A3:A4:A5)
f.    Setelah itu Anda tekan Enter maka secara otomatis hasilnya akan muncul.

Catatan: Anda bisa menggunakan lebih dari 3 sel untuk mencari rata-ratanya dan menggunakan cell lainnya.


Nah itu tadi adalah materi dasar mengenai Microsoft Excel. Bagi Anda yang baru mengenal program ini memang dianjurkan untuk mengenal dasar-dasar dari program ini, untuk memahami dasar-dasar penggunaan Excel Anda bisa menggunakan materi di atas.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :