Iswahyudi

Berpacu menjadi yang terbaik

Kelola Data Siswa Lebih Mudah dengan Software Sekolah

diposting oleh wahyu-fst11 pada 30 June 2015
di Umum - 0 komentar

Tidak hanya kegiatan di perusahaan, kegiatan di sekolah juga banyak berhubungan dengan administrasi misalnya mengenai kedatangan siswa, keterlambatan dan rekap nilai yang menentukan prestasi dari seorang siswa. Karena aktivitas tersebut sangat banyak dan jumlah tenaga guru atau tata usaha juga terbatas, maka diciptakanlah software sekolah. Software ini berguna untuk membantu kegiatan guru dan tata usaha dalam mengelola data yang berkaitan dengan para siswa. Telah banyak sekolah yang menggunakan software ini untuk membantu pemrosesan data sehingga lebih mudah dan memang terbukti semua keunggulan yang dimiliki oleh software ini. Dengan kemunculannya segala data dari siswa bisa lebih akurat dan tidak menimbulkan banyak komplain.

Beberapa keuntungan menggunakan software sekolah antara lain data absensi yang akurat akan langsung terhubung dengan software di sekolah secara online. Data absensi siswa adalah data yang sangat penting untuk menentukan tingkat kehadiran dan terkadang sebagai syarat untuk mengikuti ujian akhir. Absensi siswa yang dilakukan secara manual rawan terjadi ketidakakuratan karena ketidaktelitian guru dalam mengabsen dan jika akhir semester atau akhir tahun akan menyulitkan guru saat merekap seluruh absensi siswa. Software ini akan merekap secara otomatis sehingga memudahkan pekerjaan guru atau wali murid saat menjelang akhir semester atau kenaikan kelas. Absen menggunakan sidik jari yang akan terhubung langsung dengan sistem informasi dari sekolah.

Jika ada siswa yang tidak hadir ke sekolah maka ketidakhadiran siswa ini akan langsung dilaporkan ke orang tua melalui SMS dengan cepat sehingga bisa langsung ditindaklanjuti. Dengan absensi semacam ini, guru atau wali kelas tidak perlu mencatat kehadiran siswa secara manual. Ketika masuk, murid-murid hanya perlu melakukan absen sidik jari yang langsung akan terekap secara otomatis dalam sistem sekolah. Tidak hanya masalah absensi, bahkan nilai rapor juga lebih mudah terdata. Nilai siswa dan absensi hanya tinggal dicetak sesuai keperluan saja. Tidak cuma masalah data siswa, data pegawai juga bisa dikelola dengan adanya software sekolah ini. Keunggulan-keunggulan yang dirasakan oleh guru dan pegawai membuat software ini semakin banyak dipakai.

Hadirnya software sekolah menyelesaikan permasalahan data yang sebelumnya ada pada sekolah. Misalnya ketika sudah lulus, data alumni akan tercecer dan banyak yang hilang karena pegawai tata usahanya berganti. Padahal data alumni ini cukup penting untuk dokumentasi sekolah. Bisa saja data hilang karena adanya bencana seperti banjir ataupun kebakaran yang terjadi di sekolah. Di samping itu mengelola data siswa secara manual seperti biasanya membuat guru kewalahan karena kebanyakan tugas. Absensi siswa yang diletakkan pada selembar kertas akan mudah hilang begitu saja. Dalam merekap pun, guru akan menghabiskan banyak waktu dan rentan terjadi kesalahan. Sehingga tidak jarang banyak protes yang dilontarkan oleh para wali murid. Software ini selain memberikan kemudahan juga memberikan transparansi kepada siapa pun yang mengaksesnya dan hal ini bisa mengurangi terjadinya protes.

Jika siswa termasuk anak yang aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler, maka software ini akan memudahkan merekap nilai dari kegiatan yang siswa ikuti. Tidak hanya itu, input nilai yang dilakukan juga lebih mudah dan bisa lebih cepat. Software juga bisa melakukan fungsi seperti menentukan jenis ekstrakulikuler apa yang tepat untuk setiap siswa, siapa pembina dari ekstrakulikuler tersebut dan berapa jumlah pesertanya. Melakukan penilaian terhadap kompetensi siswa juga lebih mudah dilakukan. Selama ini, guru BK kesulitan mendapatkan data mengenai pelanggaran dan prestasi setiap siswa. Tapi software sekolah memberikan data terperinci tentang hal tersebut.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   389">