Iswahyudi

Berpacu menjadi yang terbaik

Berbagai Manfaat Inventory Software untuk Perusahaan

diposting oleh wahyu-fst11 pada 29 June 2015
di Ekonomi - 0 komentar

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa itu inventory software, lebih baik anda memahami arti dari inventory terlebih dahulu. Apa itu inventory? Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, inventory bisa di sana artikan dengan persediaan. Namun jika diartikan menurut pengertian ahli, inventory bisa dijelaskan sebagai barang yang dibeli lalu menjadi milik dan nantinya bisa dijual kembali. Contoh nyatanya tentu dalam bentuk barang dagangan. Misal ada seorang pengecer yang membeli barang dari distributor. Kemudian barang yang dibeli tersebut dijual lagi ke para konsumen dengan cara diecer. Kurang lebih seperti itulah gambaran tentang inventory atau persediaan.


Inventory atau persediaan barang biasanya mencakup barang atau produk jadi ataupun barang yang masih dalam proses produksi. Inventory Software sendiri adalah sebuah software atau perangkat lunak yang digunakan dalam proses pengelolaan persediaan barang. Adapun data yang bisa diproses menggunakan aplikasi inventory ini mencakup pendataan produk jadi, harga pokok produk, harga pokok persediaan, pendataan permintaan dan pengeluaran, sistem hitung fisik barang, dan sebagainya. Pekerjaan-pekerjaan tersebut akan cukup sulit dan rumit apabila dilakukan secara manual. Oleh karena itu adanya software atau aplikasi inventory ini dianggap cukup banyak memberikan manfaat bagi perusahaan-perusahaan yang harus menghitung persediaan barang secara rutin.


Tujuan dari digunakannya inventory software ini adalah untuk memudahkan proses pencatatan mutasi setiap jenis barang yang tersedia di gudang. Penggunaan software otomatis ini dilakukan untuk meminimalisir human error selama proses pengerjaan data. Salah satu keuntungan menggunakan perangkat lunak ini adalah bisa mengurangi risiko kehilangan barang atau kesalahan penghitungan barang. Selain itu sistem pada software yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengatur sistem penjualan, retur penjualan, pembelian ataupun retur pembelian. Bagi sebuah perusahaan, ada beberapa manfaat penting yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi inventory.
Secara umum inventory software ini memberikan kemudahan bagi sebuah perusahaan untuk bisa memantau posisi stok secara real time atau saat ini juga. Selain itu perusahaan tentunya membutuhkan hasil laporan ataupun informasi bagi stakeholder. Dan aplikasi inventory ini cukup berperan dalam kemudahan penyusunan laporan atau informasi tersebut. Selain itu penggunaan software ini juga bisa memudahkan perusahaan dalam melakukan rekonsiliasi dan juga untuk mengelola vendor. Sebuah perusahaan juga bisa mengurangi lead time dalam proses produksi dan juga pemesanan barang. Penggunaan perangkat lunak inventory software juga bisa mengurangi kerugian yang bisa dialami akibat human error saat melakukan pendataan. Dengan aplikasi inventory proses manajemen saldo pun akan semakin mudah.


Bukan hanya untuk sebuah perusahaan, namun dirjen pajak dan cukai pun cukup diuntungkan dengan adanya perangkat lunak akuntansi yang satu ini. Adapun pihak-pihak tersebut bisa mendapatkan keuntungan serta kemudahan dalam mengontrol pergerakan persediaan sebuah perusahaan. Selain itu dirjen pajak dan cukai juga bisa melakukan pekerjaan rekonsiliasi dokumen kepabeanan sebuah perusahaan secara lebih mudah dengan adanya aplikasi inventory. Jadi dengan demikian, sebuah perusahaan tentunya sangat membutuhkan perangkat lunak inventory ini demi kemudahan dan kelancaran pendataan atau pencatatan persediaan. Namun demikian, yang perlu diperhatikan juga adalah harus ada SDM yang benar-benar ahli dalam bidangnya untuk bisa mengoperasikan inventory software dengan baik dan benar. Proses pekerjaan di sebuah perusahaan pun akan menjadi lebih hemat waktu dan menyajikan hasil yang lebih tepat dan akurat. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   389">