Iswahyudi

Berpacu menjadi yang terbaik

Penerapan Cuti Online di Indonesia

diposting oleh wahyu-fst11 pada 23 June 2015
di Tekno - 0 komentar

Penerapan Cuti Online di Indonesia Cuti adalah satu kata yang membuat orang menjadi sangat senang ketika diizinkan. Mengambil cuti berarti mengambil waktu untuk pergi sementara dari rutinitas sehari-hari yang membuat anda merasa penat. Ada dua macam cara untuk cuti yaitu cuti manual dan cuti online. Melakukan cuti secara manual berarti anda harus mengisi atau membuat form untuk diajukan ke atasan anda. Lain halnya dengan cuti manual, cuti secara online dengan menggunakan hris online lebih mudah dan efisien untuk dilakukan. Dengan melakukan cuti secara online, anda tidak perlu repot-repot menghabiskan waktu untuk menulis dan mengajukan form cuti. Anda bisa melakukan cuti secara online melalui email atau website perusahaan anda.


Meskipun cuti online memang lebih efisien, namun anda yang ingin melakukan cuti secara online harus tetap memperhitungkan waktu pengiriman email dengan waktu yang diajukan untuk cuti. Kebanyakan perusahaan menganjurkan tenaga kerjanya untuk mengajukan cuti sebulan sebelum waktu yang ingin diambil. Apabila kurang dari satu bulan, biasanya atasan tidak mengizinkan permohonan cuti demi kepentingan perusahaan. Namun jika alasan yang tertulis dalam permohonan cuti sangat penting dan mengharuskan si pemohon untuk melakukan cuti secara mendadak, maka atasan pasti akan mengizinkan. Dengan cuti secara online melalui website perusahaan atau aplikasi tertentu, anda bisa mendapatkan manfaat di antaranya anda bisa melihat dan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengambil cuti.


Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi anda karena tidak harus mendapatkan teguran dari atasan atas dasar pengajuan cuti di waktu yang tidak tepat. Melalui aplikasi tertentu yang dipakai sebuah perusahaan, anda dapat mengetahui aktivitas atau agenda yang dimiliki perusahaan anda, apakah sedang sangat sibuk atau sedikit santai. Sayangnya, cuti secara online masih belum banyak diterapkan di Indonesia. Bahkan perusahaan besar pun masih menerapkan cuti secara manual. Sering kali kata cuti juga menjadi hal yang menjengkelkan. Ini terjadi saat sudah mengajukan cuti berhari-hari sebelum waktu yang ditentukan, namun ditolak oleh atasan anda. Cuti online seharusnya dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan.


Pesatnya perkembangan teknologi harus menjadi motivasi bagi perusahaan agar menerapkan kemutakhiran teknologi yang ada demi kemajuan perusahaan. Salah satunya adalah dengan pengembangan sistem cuti online agar tidak kalah saing dengan negara tetangga yang perusahaannya sudah semakin maju. Di Indonesia, cuti untuk pegawai pemerintah pun belum banyak yang menggunakan sistem online padahal teknologi yang dimiliki sudah cukup canggih. Entah kenapa mereka masih suka menggunakan sistem lama. Belanja saja sudah bisa dilakukan secara online, tetapi sistem pengajuan cuti masih sangat klasik dengan meminta persetujuan atasan. Jika sistem cuti online diterapkan, maka akan sangat efektif, ditambah dengan respon dari pengajuan cuti yang cepat.


Kemungkinan untuk tidak diizinkan berlibur menjadi sangat kecil dengan cuti menggunakan sistem online karena anda sudah menyesuaikan terlebih dahulu dengan agenda perusahaan. Manfaat pemberi izin adalah tidak perlu membuka form satu per satu karena pengajuan cuti menjadi terkumpul dalam satu database. Bagi perusahaan yang memiliki ribuan karyawan, tentu saja sistem ini sangat membantu. Pihak perusahaan dapat mengontrol para karyawan dengan mudah serta mengetahui sisa libur karyawan dengan sekali buka. Cuti online dengan menggunakan aplikasi hris online dari BLUE HRIS ONLINE menguntungkan bagi kedua belah pihak baik perusahaan maupun karyawan. Semoga sistem cuti ini segara diterapkan merata di Indonesia mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :