Iswahyudi

Berpacu menjadi yang terbaik

Fungsi dan Manfaat Kartu Nama Saat Ini

diposting oleh wahyu-fst11 pada 25 May 2015
di Umum - 0 komentar

tukar kartu nama

Kartu nama meski berbentuk kecil dan terkesan tidak penting, mudah terselip, dan mudah terlupakan ternyata memiliki fungsi dan manfaat yang tidak main-main. Memang, di zaman gawai (gadget) yang semakin marak, saling bertukar nomor kontak akan lebih mudah dilakukan via smartphone. Tapi, tak menutup kemungkinan kartu nama masih memiliki manfaat lebih.

Dalam keadaan terdesak dan minim waktu, mencatat informasi penting pada ponsel bisa memungkinkan terjadi kesalahan penulisan. Kartu nama bisa dijadikan pilihan praktis bertukar informasi penting. Kartu nama juga bisa dibaca sebagai wujud profesional. Hal ini yang membuat www.praktisprint.com menggagas untuk mewujudkan ide mencetak kartu nama. Kartu nama juga bisa dibaca sebagai wujud profesional. Menyerahkan kartu nama jauh lebih bermartabat ketimbang meninggalkan nomor telepon yang dicatat sembarangan pada secarik kertas.

Selain sebagai salah satu media representasi identitas yang harus dimiliki oleh owner atau marketing perusahaan, kartu nama juga penting dimiliki oleh semua orang. Bahkan bila ia hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, penting pula untuk memiliki kartu nama.

 

Fungsi Kartu Nama Yang Perlu Anda Tahu

Kartu nama memiliki fungsi yang berbeda setiap masanya. Hal ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang terus berkembang pada setiap abad.

Pada abad ke-17, kartu nama berfungsi sebagai penanda bahwa akan ada kunjungan bangsawan atau golongan aristokrat. Kartu nama dari tembaga tersebut menerangkan siapa yang akan datang sekaligus semacam woro-woro bagi pemilik untuk mempersiapkan lokasi yang hendak dikunjungi.

Abad 18 dan 19 kartu nama yang semakin ringkas secara fisik yakni dicetak menggunakan kertas dan tinta berwarna, bermanfaat sebagai media beriklan. Hal ini sangat membantu terlebih di masa tersebut belum familiar media massa selayaknya koran dan majalah. Pun, pada masa tersebut wilayah kota belum memiliki nama jalan dn sistem formal penomoran gedung/bangunana sehingga kartu nama juga digunakan sebagai penanda lokasi usaha.

Pada era sekarang, kartu nama memiliki fungsi lebih dari sekadar media beriklan. Antara lain:

1.     Presentasi profil perusahaan. Hal ini dimaksudkan ketika rekanan bisnis baru melongok kartu nama, maka akan ditemukan informasi berupa nama (baik individu atau perusahaan), alamat lengkap, logo, kontak berupa e-mail dan ponsel, jenis produk atau jasa, dan alamat website.

2.     Alat pemasaran. Apabila di sebuah acara pertemuan bisnis berskala besar, seseorang baik secara individu atau merupakan representasi perusahaan,  giat menyebar kartu nama pada rekanan bisnis baru, maka semakin besar pula peluang bekerja sama dan sukses yang tercipta.

 

Manfaat Kartu Nama 

Selain digunakan oleh para pengusaha dan profesional seusai bidang kerja, kartu nama juga penting dimiliki mereka yang baru mengembangkan dan meningkatkan usaha prospek kerja. Sekiranya, beberapa manfaat kartu nama bisa dijabarkan sebagai berikut:

1.     Sebagai brand awareness. Atau istilah mudahnya: rekanan bisnis baru akan mudah mengenali dan mengingat hanya dari menilik kartu nama yang disodorkan. Terlebih bila dalam kartu nama tercantum logo perusahaan yang khas dan menarik perhatian.

2.     Membangun citra profesional. Ketimbang meningglkan nomor telepon dan alamat e-mail pada secarik kertas yang pasti akan terlupakan, menyodorkan kartu nama memberi kesan berbobot dan kompetensi kinerja perusahaan yang profesional.

3.     Memperluas jaringan. Kartu nama yang tersebar dalam jumlah banyak pada pihak tepat, akan meningkatkan jaringan rekanan usaha.

4.     Cantumkan pula visi misi perusahaan dan juga gambar produk unggulan pada bagian belakang kartu nama. Atau bisa juga denah lokasi perusahaan. Hal ini sangat membantu dan mempermudah calon rekan bisnis yang hendak bekerja sama. Berikut beberapa contoh kartu nama unik yang dapat menarik perhatian.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :