Iswahyudi

Berpacu menjadi yang terbaik

Sebelum Membeli Waralaba, Jawab Dulu 3 Pertanyaan Berikut

diposting oleh wahyu-fst11 pada 27 March 2015
di Ekonomi - 0 komentar

Bisnis waralaba menjadi primadona masa kini. Menjamurnya gerai-gerai waralaba di berbagai daerah, mulai dari usaha dengan gerobak, booth, hingga mempunyai gedung sendiri. Bisnis waralaba memang cocok bagi pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis. 


Model bisnis waralaba ini semakin berkembang pesat karena menguntungkan pemilik waralaba dan investor. Bagi pemilik, tentunya model bisnis ini akan membantu memperluas pasar mereka dan mendongkrak penjualan. Bagi investor, model bisnis waralaba memudahkan mereka karena tidak harus memulai bisnis dari nol. Semua bisa langsung dijalankan dan langsung mendapat pelanggan dengan mengikuti aturan dan sistem yang telah dibakukan oleh pemilik waralaba.


Jika Anda berencana untuk memulai bisnis waralaba, tentunya ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Karena bukan berarti bisnis waralaba pasting untung dan tanpa resiko atau tidak bakal rugi. Semua bisnis pasti ada resikonya. Jangan sampai nantinya ternyata kita salah pilih usaha waralaba.


Berikut ini 3 hal yang penting untuk diperhatikan sebelum membeli merek waralalaba:


1. Besar Investasi 
Inilah hal pertama yang perlu Anda cari tahu. Berapa kemampuan finansial Anda. Berapa investasi yang diperlukan untuk memulai suatu usaha waralaba. Lakukanlah perhitungan yang cermat terkait modal investasi yang dibutuhkan agar terhindar dari potensi kerugian yang lebih besar. Jika Anda sudah mendapatkan calon usaha waralaba, Anda bisa tanyakan lebih detail kepada pemilik waralaba berapa besar modal yang pastinya akan keluar jika menjalankan usaha tersebut.


2. Waralaba Terpercaya?
Memilih waralaba yang terpercaya merupakan suatu keharusan. Banyak juga waralaba yang terkesan hanya mengejar investor sebanyak-banyaknya namun kurang memperhatikan sistem dan sebagainya.
Dalam memutuskan untuk membeli suatu merek waralaba, maka kita juga harus punya keyakinan bahwa kita siap menjalankan bisnis sesuai model yang telah ditetapkan. 


3. Anda Bisa Menjalankannya?
Pertanyaan ini ditujukan ke diri sendiri. Apakah kita mempunyai keyakinan untuk menjalankannya? Apakah kita mau belajar, mau bertanya, dan siap dengan kondisi apapun nantinya.
Berbisnis waralaba bukan berarti kita hanya menggantungkan diri kepada orang lain. Karena sukses tidaknya usaha waralaba juga berada ditangan kita sendiri. 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :