Iswahyudi

Berpacu menjadi yang terbaik

Ujian Nasional dan Perguruan Tinggi Negeri

diposting oleh wahyu-fst11 pada 08 March 2015
di Umum - 0 komentar

Ujian nasional sebentar lagi diselenggarakan itu artinya ujian SNMPTN juga akan diselenggarakan. Apa itu SNMPTN? SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Ujian ini sangat di tunggu-tunggu oleh para pelajar di Indonesia, khususnya anak SMA yang sudah mau lulus sekolah. Alasannya tidak lain adalah karena perguruan tinggi negeri merupakan tujuan favorit bagi anak SMA. Perguruan tinggi negeri selalu menjadi yang teratas di peringkat perguruan tinggi terbaik dalam skala nasional.

Perguruan tinggi seperti Universitas Gadjah Mada ataupun Universitas Indonesia merupakan contoh perguruan tinggi favorit siswa SMA di Indonesia. Lulusan dari perguruan tinggi seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) atau Universitas Indonesia (UI) terkenal dengan kualitasnya dan cenderung lebih mudah memasuki dunia kerja. Mungkin hal itu menjadi alasan tersendiri mengapa perguruan tinggi tersebut begitu di favoritkan anak SMA.

Pada tahun 2015, ada yang lain pada ujian SNMPTN. Kini, mulai ujian nasional 2015, nilai UN tidak lagi menjadi syarat untuk mendaftar tes SNMPTN. Sebelumnya memang ada nilai minimum untuk bisa mendaftar ke SNMPTN. Saat ini persyaratan untuk mengikuti ujian saringan masuk SNMPTN akan diserahkan sepenuhnya pada tim SNMPTN dan juga rektor/tim manajemen tiap perguruan tinggi negeri.

Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi sebagian besar anak SMA yang sebentar lagi akan menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun, untuk dapat mengikuti saringan masuk SNMPTN tentu tidaklah mudah. Logikanya adalah jika nilai ujian nasional saja jelek atau tidak mampu mencapai standar (saat ini standar di 5,5), bagaimana mungkin mereka dapat lulus dari saringan masuk perguruan tinggi yang sudah terkenal sangat susah tersebut.

Oleh karena itu tentu perlu latihan dan belajar yang rutin bagi para anak SMA yang ingin masuk ke perguruan tinggi bergengsi seperti Universitas Gadjah Mada atau Universitas Indonesia. Akhir kata, tentu sebaiknya kita menunggu pernyataan resmi dari tim SNMPTN syarat selengkapnya untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tersebut.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :